Buka Jambore Kader Posyandu, Ibu Rita Ajak Kader Posyandu Wujudkan Transformasi Layanan Kesehatan

MANADO, (manadotimes.id) – Ketua TP-PKK Sulawesi Utara (Sulut) Ibu. Rita Dondokambey-Tamuntuan didampingi Sekretaris TP-PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, membuka Jambore Kader Posyandu, yang digelar di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rabu (29/11/2023).

Ibu Rita yang juga Ketua Pembina Posyandu mengatakan, jambore kader mempercepat peningkatan kualitas manusia Indonesia.

Pada kesempatan itu, Ibu Rita mengatakan jambore kader mempercepat peningkatan kualitas manusia Indonesia.

“Jambore kader ini sebagai puncak pembinaan teknis berupa ajang apresiasi bagi kader yang merupakan ujung tombak pelayanan,” ujarnya.

Kementerian Kesehatan juga melaksanakan 6 transformasi bidang kesehatan dengan layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan dan teknologi kesehatan.

Oleh sebab itu, Ibu Rita memaparkan secara jelas 6 layanan tersebut, yakni Transformasi layanan primer yang bertujuan mendekatkan layanan promotif dan preventif berkualitas, serta meningkatkan derajat serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Layanan primer merupakan ujung tombak perbaikan kesehatan masyarakat dengan fokus edukasi penduduk dengan penguatan peran kader, kampanye dan membangun gerakan melalui platform digital dan tokoh masyarakat.

Kemudian pencegahan primer dengan memperkuat perlindungan anak terhadap penyakit melalui imunisasi rutin.

Lalu pencegahan sekunder dengan melakukan skrining penyakit penyebab kematian tertinggi, skrining stunting dan peningkatan skrining kehamilan.

Kemudian peningkatan kapasitas dan kapabilitas layanan primer dengan melakukan revitalisasi jejaring layanan puskesmas, posyandu kunjungan rumah dan laboratorium kesehatan masyarakat.

“Untuk mempercepat terwujudnya transformasi layanan primer di posyandu telah dirumuskan manajemen kader dan posyandu yang mencakup paket layanan kesehatan promotif preventif di posyandu,” terang Ibu Rita.

Lanjutnya, ada pula standar 25 keterampilan dasar kader dan tingkatkan keterampilan purwa/madya/utama.

Pelatihan terakreditasi keterampilan dasar kader, apresiasi kader dan posyandu berprestasi melalui Jambore kader dan pendataan pelatihan kader digital.

“Tujuannya Jambore kader posyandu untuk meningkatkan motivasi kader dan posyandu dalam pelayanan kesehatan,” terang dia.

Ibu Rita juga memberikan apresiasi bagi kader posyandu yang tetap melaksanakan tugas dengan ikhlas.

“Dengan jambore kita mantapkan tranformasi posyandu, kader terampil masyarakat sehat,” pungkasnya. (ton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *