Kick Off Transformasi Digital Pendidikan, Wagub Kandouw: 2025, Sekolah di Sulut Sudah Terapkan Digital Pendidikan

SULUT, (manadotimes.co) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven OE Kandouw, membuka rapat koordinasi (Rakor) Satuan Pendidikan Kick Off Transformasi Digital Pendidikan, yang dilaksanakan di ruang Mapaluse Kantor Gubernur, Rabu (22/11/2023).

Kandouw dalam sambutannya, menegaskan agar setiap sekolah khususnya tingkat menengah atas sederajat sudah harus menerapkan pendidikan digitalisasi.

Bacaan Lainnya

“Tahun 2025, seluruh sekolah di Sulut sudah terapkan digitalisasi pendidikan, sehingga kepsek dan guru-guru harus belajar digitalisasi pendidikan dari sekarang,” ujarnya.

Disampaikan Kandouw, digitalisasi pendidikan itu sangat penting karena harus mengikuti perkembangan jaman. Untuk itu diharapkan kegiatan rakor transformasi digital pendidikan ini tidak hanya seremoni saja, tapi perlu diimplementasikan.

“Penggunaan digitalisasi dalam dunia pendidikan, itu seperti kita makan dan perlu minum air putih. Waktu sudah berbicara bahwa pendidikan modern tidak boleh lepas dari digitalilasi,” ungkapnya.

Menurut Kandouw, dunia pendidikan harus menciptakan anak-anak didik yang mampu bersaing dengan menerapkan digitalisasi. Sebab, jangan berpikir digitalisasi hanya menggunakan gadjet untuk main game, tapi lebih dari itu.

“Untuk menerapkan ini, yang berperan itu kepsek dan dimonotoring oleh cabang dinas dan Dinas Pendidikan. Pengajar juga harus banyak belajar digitalisasi,” terangnya.

Dengan adanya sistem ini kata Kandouw, dipastikan akan melahirkan generasi penerus yang mampu bersaing hingga ke luar negeri.

“Lulusan sekolah kejurusan, sangat banyak permintaan dari negara luar seperti Jepang. Jadi mari kita optimalkan sekolah jurusan,” harap Wagub.

Terkait adanya dukungan Google Indonesia yang siap membantu digitalisasi pendidikan di Sulut, hal itu disambut baik oleh Wagub Kandouw.

“Kerjasama dengan Google, momentum ini harus dimaksimalkan dan tunjuk saja sekolah mana yang patut mendapatkan,” tambah Wagub Kandouw.

Sementara itu, Keapala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, Femmy Suluh, dalam laporannya mengatakan jika tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merumuskan langka-langka strategis guna meningkatkan mutu pendidikan di Sulut agar bisa sesuai dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut.

“Ada 463 sekolah tingkat atas yang hadir dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah,” tambahnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan launching kick off digital pendidikan oleh Wagub Kandouw. Turut hadir dalam kegiatan itu, Sekdaprov Sulut Steve Kepel, kepala UPTD Diknas dan Kepsek-kepsek. (ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *